cara bertahan hidup di hutan | survival

Hutan, atau hutan hujan, yang subur, daerah hijau kehidupan yang penuh dengan segala bentuk dan ukuran. Mereka hanya mencakup sekitar 2 persen dari permukaan Bumi, tetapi hutan merupakan tempat hidup untuk 50 persen dari semua tumbuhan dan hewan. Tahukah anda bahwa dalam 4-persegi-mil (10-persegi-km) luas hutan tropis dapat berisi sebanyak 1.500 tanaman berbunga, 750 spesies pohon, 400 jenis burung dan 150 spesies kupu-kupu [sumber: The Nature Conservancy].

Nah klo kaskuser suka pergi ke alam terbuka atau mungkin ke hutan dan dalam keadaan darurat nggak ada salahnya memperhatikan tips2 dibawah ini

Hal-hal yang berbahaya dan perlu diperhatikan di Hutan :

1. tumbuhan beracun

Untuk bertahan hidup kita dapat memanfaatkan beraneka macam tumbuhan untuk bertahan hidup, tetapi berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya, karena beberapa jenis tumbuhan dihutan mengandung racun yang berbahaa bagi tubuh kita.

Adapun tipsnya sebagai berikut:
– Hindari tumbuhan dengan buah berwarna putih atau kuning.
– Jangan memakan jamur liar sembarangan. Meskipun ada jamur yang layak dikonsumsi tetapi banyak juga jamur yang beracun, sehingga tidak sepadan resikonya.
– Hindari tumbuhan berduri.
– Jika buah yang di konsumsi terasa pahit dan berlendir jangan dimakan.
– Jauhi daun yang berwarna mengkilat.
– Hindari apa saja yang berbau seperti almond.
– Untuk mengetahui jenis buah yang bisa dimakan lihatlah hewan contohnya monyet yang mengkonsumsi buah tersebut. Apabila ada hewan atau monyet yang memakan buah tersebut berarti buah tersebut aman dimakan.

Selain yang dilarang masih banyak yang bisa dikonsumsi seperti, pisang, mangga, ubi liar, tebu , pepaya dan kelapa. Kelapa merupakan sumber makanan yang baik di hutan.

2. Hewan berbahaya.

Dihutan anda dapat mengkonsumsi berbagai macam hewan untuk bertahan hidup dalam keadaan darurat di hutan. Meskipun begitu, hutan merupakan tempat bagi banyak hewan-hewan berbahaya antara lain harimau, babi hutan, kalajengking, ular berbisa, katak beracun dan lain-lain. Serangga,merupakan sumber protein yang baik, lebih dari 1.400 jenis serangga dapat dikonsumsi diseluruh dunia. tetapi ada beberpa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih serangga untuk dimakan:

- Jauhi serangga yang berwarna-warni
– Hindari serangga yang mempunyai duri tajam.
– Jangan memakan serangga yang berbulu karena dikhawatirkan memiliki bisa.

bila anda cukup kuat selain serangga anda dapat juga memakan cacing, rayap dan ulat untuk bertahan di hutan.

cara aman untuk memakan hewan di hutan adalah dengan berburu ikan

3. Air.
Hutan adalah tempat yang basah, Jika kaki anda basah untuk waktu yang lama, dikhawatirkan dapat mudah terserang infeksi akibat tidak higienisnya air. Usahakan kaki anda tetap kering selama mungkin. Usahakan agar anda memasak air sebelum dikonsumsi. tetapi bila tidak sempat dimasak ada beberapa cara untuk mengkonsumsi air secara aman.

-Daun yang besar bisa digunakan untuk mengumpulkan embun dan air hujan yang layak untuk diminum.

- batang bambu adalah salah satu tempat untuk mendapatkan air segar karena bambu dapat kita gunakan untuk

mendapat air yang dapat kita minum. cara aplikasinya adalah seperti pada gambar berikut :

Ada beberapa cara untuk menjernihkan air secara alami antara lain dapat digunakan beberapa metode sebagai berikut:

air dijernihkan dengan memakai sistem penyulingan alami.

4.Penyakit yang berhubungan dengan nyamuk.

Nyamuk adalah binatang yang dapat menularkan penyakit, diantaranya malaria. Malaria menewaskan lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia. Selain malaria masih banyak penyakit yang dibawa oleh nyamuk diantaranya demam berdarah, dan demam kuning ( di afrika dan amerika selatan), Virus Nil Barat dan lain-lain.

Untuk menghindari gigitan nyamuk dapat dilakukan sebagai berikut:
-Gunakan lotion pengusir nyamuk, bila tidak ada usapkan lumpur pada kulit yang terbuka. Setelah kering lumpur kering tersebut adalah pengusir nyamuk alami.
-Nyalakan api unggun saat fajar dan sore hari untuk membantu mengusir nyamuk.
– Pukul dan bersihkan sepatu anda setiap kali akan menggunakannya kembali, untuk memastikan tidak ada serangga dan kalajengking didalam sepatu anda.

Contoh tenda yang dapat dipakai adalah

Macam-macam tenda yang bisa dibuat.

sumber : kaskus.us

About these ads

22 Responses to “cara bertahan hidup di hutan | survival”


  1. 1 camera June 8, 2010 at 2:47 am

    wak lengkap dan asik infonya mas…

    kita jadi tau yang harus dilakuin klo tersesat di hutan…

    tapi mudah”an jangan ya…

    hwehehe…

    • 2 journalight June 9, 2010 at 3:27 am

      jangan digunain pas tersesat mas, digunain pas camping aja hehehehe

  2. 3 Asop June 8, 2010 at 9:43 am

    Wah, ada apa nih kok tiba2 bikin postingan ttg survival? :D

    • 4 journalight June 9, 2010 at 3:27 am

      pengen masuk wanadri gw sop, doain aja, heheheh

  3. 5 Asep Suryana June 21, 2010 at 7:44 am

    Terima kasih informasinya tentang survival ini.

  4. 6 mone October 24, 2010 at 12:37 pm

    lumayan buat nambah2 ilmu.

    • 7 journalight October 25, 2010 at 4:30 am

      :D

  5. 8 Abu Muhannad December 10, 2010 at 10:11 am

    saudaraku semua…
    doakan aku ya agar segera menikah dengan hidayati ramadhan.
    doakan yaa…
    ya Allah kabulkanlah

    • 9 journalight December 11, 2010 at 6:39 am

      @abu muhannad
      semoga yang terbaik buat mas
      amin :)

  6. 10 aden.ardiansah February 20, 2011 at 4:07 am

    sayah sudah mem baca semua kalow maumemasak
    atow mengolah sesuatu kaalow tidak ada
    alat menyalakan api yah harus bagemana kalow tidak ada

    • 11 journalight February 21, 2011 at 8:29 am

      pesen aja mas di 14045
      McD
      hehehe
      ^^v

  7. 12 Ryan April 16, 2011 at 6:47 am

    Bagi anx pramuka seru ne d buka infonya
    penting buangets

  8. 13 mendo May 10, 2011 at 1:45 am

    berguna banget nie informasinya.,.,.

  9. 14 BakulatZ September 23, 2011 at 1:26 pm

    makasih informasinya…

  10. 15 shuka shoes October 24, 2011 at 3:45 am

    wow. thank infonya ya

  11. 16 Rahmat January 9, 2012 at 1:41 pm

    Rasanya anda sekadar bicara mengenai ikhtia hidup dengan tanpa mengalaminya..betul apa tidak?

    • 17 journalight January 12, 2012 at 12:39 am

      hahaha, ya emang iya, kan udah jelas bro dibawah ada tulisan sumbernya dari kaskus, haha, dan rasanya anda yang pernah mengalaminya tapi keberatan bagi bagi ilmu ya :) saya bisa memahaminya :)

  12. 18 helmi April 18, 2012 at 10:38 am

    thanks

  13. 19 pooeetri May 5, 2012 at 8:34 am

    mana makanan yang baik dikonsumsi dalam survival

  14. 20 Croc May 22, 2012 at 3:41 pm

    Terima kasih atas tipsnya. Tapi nampaknya kurang mewakili cara bertahan hidup di hutan kerangas.

  15. 21 Anonymous April 6, 2013 at 4:24 pm

    infonya kurang lengkap.

  16. 22 Pak'Lek Zhuge February 19, 2014 at 2:43 pm

    postingan yg menarik. lengkap lagi….. dan yg pasti sangat bermanfaat. untuk info tambahan bagaimana cara mendapat air dan makanan untuk survive, bisa kunjungi http:/tedzzhugeliang.blogspot.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Ntah knapa kalo ngeliat film nya roma irama jaman dulu, ngakak mulu, ngalahin film komedi X)) 1 week ago
  • RT @TegarRezavie: İnsanlık destanı yine çizdiler. Hizmet aşkı vatan millet tanımaz. Endonez abiler muhacir arkadaşlarına sahip çıktılar htt… 1 week ago
  • Br dateng di gampoeng aceh d panggil mbak mbak, eh dia minta menu #WTF 1 week ago
  • Semangat deh buat para hakim MK ini, energinya luar biasa 1 week ago
  • Orderan vs tesis...who's gonna win the war? 2 weeks ago
  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: