cara mengirim dan mengambil uang lewat western union

Western Union adalah jasa pengiriman uang dari dan ke berbagai negara di dunia. Western Union menggunakan tekologi elektronik yang secara online dan real time menjangkau ke berbagai pelosok / penjuru dunia termasuk Indonesia. Jutaan orang setiap tahun menggunakan WU sebagai jasa kirim / transfer uang karena aman, mudah, cepat dan terpercaya yang telah melayani banyak negara di dunia.

Berikut ini adalah sekelumit keunggulan Western Union dibandingkan dengan jasa pengiriman uang lainnya :
1. Dalam hitungan detik uang sudah dapat diambil.
2. Tersebar di sekitar 200 negata dan 170.000 agen.
3. Aman karena dilengkapi dengan sistem yang aman .
4. Biaya pengiriman yang terjangkau.
5. Tidak perlu punya rekening bank atau punya domisili di suatu tempat.
6. Pada umumnya hanya pengirim uang yang dikenakan biaya. Penerima mungkin hanya membayar ongkos bea materai.
7. Tidak ada jumlah minimal uang yang dikirim.

Produk jasa layanan Western Union :
– Will Call : Penerima uang adalah perorangan / individu non badan usaha.
– Quick Pay : Penerima uang adalah badan usaha.
– Layanan Tambahan / Ekstra :
a. pengiriman berita
b. tes pertanyaan / sandi : test question, hanya untuk negara tertentu demi melindungi uang anda dari penipu.
c. pengiriman ke alamat penerima : physical delivery, hanya untuk negara tertentu.
d. notifikasi penerima lewat telepon : phone notification, hanya untuk negara tertentu.

Western Union Indonesia dapat ditemui di banyak tempat yang juga melayani jasa keuangan dan pengiriman barang seperti :

- Kantor Pos
– Tiki
– Bank Mandiri
– Bank Syariah Mandiri
– Bank BII
– Bang Niaga
– Bank BRI
– Dan masih banyak lagi lainnya

Pastikan terdapat logo Western Union di lokasi-lokasi tersebut atau tanyakan lewat telepon, kunjungi website (situs web) atau datang langsung untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Berikut adalah panduan umum untuk pengiriman dan penerimaan uang dengan Western Union Indonesia :

A. Panduang Mengirim Uang Dengan Western Union / WU Indonesia

1. Mengisi form aplikasi pengiriman uang.
2. Memperlihatkan atau menyerahkan bukti identitas diri yang berlaku seperti KTP,SIM, Passport.
3. Membayar biaya pengiriman dan uang yang akan di transfer ke penerima.
4. Memberitahu data pengiriman kepada penerima uang, yakni data nama pengirim, jumlah uang yang dikirim, negara asal transfer dan nomor referensi / kode transfer pengiriman uang.

B. Panduang Menerima Uang Dengan Western Union / WU Indonesia

1. Mengisi form aplikasi penerimaan uang.
2. Memperlihatkan atau menyerahkan bukti identitas diri yang berlaku seperti KTP,SIM, Passport.
3. Mengetahui data pengiriman seperti data nama pengirim, jumlah uang yang dikirim, negara asal transfer dan nomor referensi / kode transfer pengiriman uang.
4. Membayar biaya yang dikenakan.

Baik si penerima maupun pengirim dapat secara bersamaan berada di western union yang berbeda dan berkomunikasi via ponsel pribadi untuk mengirim dan menerima uang dalam waktu yang hampir bersamaan. Selamat berkirim-kiriman uang secara mudah, cepat dan aman.

72 Responses to “cara mengirim dan mengambil uang lewat western union”


  1. 1 Fauzionline February 15, 2012 at 12:15 am

    Makasih atas artikelnya, saya masih bingung cara penerimaannya, nemu artikel ini

    • 2 journalight April 1, 2013 at 5:04 am

      ini artikel kopas, tapi singkatnya sih memang begitu langkahnya, kita cuma nunjukin ktp atau sim, lalu jumlah uang yang dikirim, dan kode MTCN, sesederhana itu :)

    • 3 ardison maulana January 30, 2014 at 10:27 am

      kalo menurut saya agen2 yg ga punya modal jgn buka agen,,,kalo ga ada bilang aja ga ada jgn mengelit dengan macam2 alasan ,,,malu2in western union,,,

  2. 4 akbar March 24, 2012 at 6:11 am

    mna uang.a

  3. 5 Tegoeh boelLe August 7, 2012 at 1:19 am

    Admin,mau tanya nie.
    Misal’a saya mndpatkn kriman dri ssorang d lokasi sya yg baru & alamat yg d tuju atas nma sya,ttp sya ber KTP luar daerah yg d tuju tsb.
    Apakah bisa d ambil…..
    Mnta jawaban’a……

  4. 6 Tegoeh boelLe August 7, 2012 at 1:21 am

    Bila pengambilan uang d ambil d luar kota sprt app….???
    Bisa/tidak

    • 7 journalight April 1, 2013 at 5:02 am

      kurang tau mas teguh, tapi seharusnya bisa, secara kalau ngambil WU cuma butuh katepe saja dan MTCN dan jumlah uangnya harus tau, itu saja yang saya tahu

  5. 8 novi August 9, 2012 at 6:54 am

    iaa nii saya juga sama pertnyaanny kya tegoeh boelLe, sya ngrim uang tp alamtnya ke t4 tnggal org itu skrang, bkan seperti d kartu identitasnya. bsa d ambil gag ya?

    • 9 journalight April 1, 2013 at 5:03 am

      saya pernah ngambil WU pake alamat yang berbeda di KTP ga masalah kok, yang penting cuma KTP aja sih, baru dua minggu yang lalu, bahkan pake potokopi KTP aja bisa kok karena ktp aslinya hilang.

  6. 10 ar dy October 6, 2012 at 11:32 pm

    trmakash sangat membantu

  7. 11 Anonymous January 22, 2013 at 8:17 am

    Apakah uang akan hilang, bila tidak di ambil selama sebulan?

    • 12 journalight April 1, 2013 at 5:01 am

      untuk pertanyaan ini saya sendiri juga kurang tau mas bro :)

  8. 13 Maspupah March 7, 2013 at 3:12 pm

    gimana crnya ngecek transferan lewat WU via online,pntg bgt

    • 14 journalight March 8, 2013 at 12:22 am

      kurang tau kalau cek online bro, kemungkinan sih tidak di share, ane berkali kali ngambil wu ya langsung ke kantor pos atau pegadaian aja biasanya :)

  9. 15 Anonymous March 31, 2013 at 8:58 am

    pertanyaanya tdk dijawab sama admin,, mungki artikelnya copas

    • 16 journalight April 1, 2013 at 5:00 am

      ini memang artikel kopas dari website orang bro, cuma bantu nge share aja, jadi pertanyaan yang ane ga bisa jawab ga ane jawab, tapi ane juga sering ngambil uang dari western union karena pelanggan konveksi ane banyak yang dari malaysia, jadi ga tau uang akan hilang apa enggak mas kalau tidak diambil sebulan, logikanya sih harusnya ga ilang ^^v

  10. 17 wardani jayanti April 3, 2013 at 2:26 pm

    min, kalo belum punya ktp, ataupun sim gimana min?

    • 18 journalight April 3, 2013 at 9:42 pm

      waduh kalau ini saya kurang tau mbak, nitip ke orang tuanya aja mungkin :)

  11. 19 dethy meonk April 5, 2013 at 7:26 am

    mas pengen tanya jika kode wu setial negara beda yach…dan gimana jika pengambilan uang hanya pake ktp tidak tau pengirim dan alamat pengirim masih bisa di ambil mas

  12. 20 dethy meonk April 5, 2013 at 7:27 am

    gimana tuh

  13. 21 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:00 am

    tulalit smua..hari genee blum paham paham..WESTERN UNION…yg penting nomor PIN nya..harus diingat…spenerima menunjukkan KTP..salah dikit namanya gak apa apa,,,yg penting PIN….dr manapun sipenerima bias terima uang..asal ada pembertahuan dr pengirim..gebleeekkkkk

    • 22 nike April 16, 2014 at 3:24 am

      Om Hasanuddin boleh tanya gak cara kirim ke Aliexpress.com lewat WU soal ny formulir ny beda di indonesia udah cek di kantor pos,indomaret dll tetep gak bisa malah disuruh ke bank ..oalahhhh…

  14. 23 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:02 am

    uang gak bakal hilang…biar lama baru diambil..kecuali nama anda sama dengan seseorang..dan mengetahui nomor PIN tsb…wuelaaaaahhhh

  15. 24 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:04 am

    uang dikirim lwt WESTERN UNION..dapat diambil dimanapun..asal ada Kantor POS..BII..BRI..atau TIKI..biasanya ada LOGO..kuning WESTERN UNION…..jadi du gunungpun uang bisa diambil asal ada Kantor POs.,,dlll xixixixixxi

  16. 25 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:07 am

    gak pake KODE NEGARA…..cuma anda nanti ditanya..1. nama pengirim..nama penerima…tujuan Negara mana….abis itu nanti dikasih tanda pengiriman..yg didalamnya tertera no MCN atau no PIN…..

  17. 26 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:11 am

    yg paling gampang ambil uangnya di KANTOR POS…biar tdk modern..tp pelayanannya..langsung dikasih..diterima..tidak kayak BRI..BII atau Bank Syaripah..eh SYARIAH,,,,banyak alasannya,,al : internetnya gak online lah…lagi errorlah..padahal gedungnya mentereng..dijaga ama security lagee…juga curiga ama kita….lebih baik ke kantor pos deh……gak banyak cingcong…….ingat jgn lupa bawa KTP..ingat no PIN nya dan jumlah uang yg akan diterima…

  18. 27 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:15 am

    yang tdk punya KTP..gak apa2,,ada passport he he.. surat nikah….ijasah…..atau certifikat yg namanya sama / sesuai yg ditujukan….aq jg sering salah nama….YG PENTING NOMOR PIN/MCN…pinnya 10 angka…

  19. 28 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:20 am

    uang yg dikirim dr kerabat anda..gak bakal hilang..sampai kiamat….asal tidak ada yg mengetahui nomor MCN/PIN pengiriman tsb…….makanya jgn dikasih tau sama siapa2..orang lain tdk bisa ambil…..biasanya pengirim akan menelpon atau berjanji terlebih dahulu…contohnya..HALLO BOOZZZ..uang sudah dikirim lewat western union..dg no MCN / PIN…0123455676 (10 digit,,contoh) …sebanyak Rp 1 juta..jgn lupa INFO YAH KALO SDH TERIMAH…….

  20. 29 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:22 am

    Masalah KTP …KTP luar daerah..dalam daerah…..KTP dr manapun..asal sesuai nama anda……….YG UTAMA….No PIN atau MCN….

    • 30 ardison maulana January 30, 2014 at 10:24 am

      saya baru pertama kali ambl uang via WU,,posisi sya si sukabumi,,dan sya mncba ambil kiriman si agen WU trdkat (cireunghas) tpi terlalu berbelit2 ,,,pagi sya kesitu katanya d suruh sore krna ga ada duit kta nya kalo sore ada,,,tpi sore sya kstu lgi alasannyaktp saya ktp daerah,,,pertanyaannya,,,agenn itu dah tau no pin saya,dan no ktp saya,,apakah uang saya aman krna ampe skarang uang blum sya ambil…ribet ya wu…

      • 31 journalight February 3, 2014 at 1:08 am

        lebih enak ke kantor pos saja mas :), pengalaman saya ambil WU paling enak ya di kantor pos

  21. 32 Hasanuddin Sunduseng April 26, 2013 at 7:31 am

    cara ngecek western union via online gak ada BOZZZZZ….xi xi xi…..gak usah ngecek ngecek..kalo sudah dpt berita dr sipengirim..bergegas ke kantor POS..atau BII dll ..dll..kantor yg ditunjuk…tanyakn ama kantor POS…contohnya genee… Good morning Pak Pos….sy mo nanya ..adakah pengiriman uang lewat WESTERN UNION..atas nama FAHRANI…pengirimnya GAYUS TAMBUNAN..dr Negara Amrik..,,,Pak POS :…ntar duluh yah OM check…oh ada…mana KTP anda Ms FAHRANI…dan mana nomor MCN/PINnya…kalo sesuai ..langsung dikasih uangnya…itu kalo Pak POs nya gak belagu..kecuali anda ke kantor POS..setengah bugil n sexy..biasanya pak pOS..nanyanya ngawur..sengaja….lama2in…..xix xiixixixxi..

    • 33 journalight April 30, 2013 at 7:54 am

      Terima kasih info nya mas bro hasanudin, sangat membantu sekali untuk kawan kawan, sekali lg terima kasih banyak :)

  22. 34 laura April 27, 2013 at 3:03 am

    biaya transfernya berapa ya mas,kalo untuk kawasan asia,ada temen yg pernah gak d sini ? mahal atau enggak sih ?

  23. 35 bingung May 14, 2013 at 11:03 am

    misi gan,,ane mo nanya nih,,gmana ya klo salah nama yg di tulis swaktu pngiriman alias beda dg ktp,,tp pin,jumlah n nma pngirim dh dpt,,pa bsa di ambil or gk?

    • 36 journalight May 15, 2013 at 1:32 am

      waduh, saya kurang tau mas, dicoba dulu aja mas, hehe, mungkin ada pembaca lain yang tau?

  24. 37 RIRIN LISTYANA October 17, 2013 at 12:21 am

    saya ada satu masalah..saya mengirim uang tapi saya mnulis nmnya kurang lengkap.&dr ptgs WU sndri tdk mngijinkan ci penerjma untk mngambil padhl haynya kurang 1huruf saja…apa yg harus saya lakukan?

    • 38 journalight October 17, 2013 at 4:46 pm

      gampang mbak ririn, pindah aja tempat ngambilnya, misalnya tadinya ngambil di kantor pos, pindah ganti ambil di pegadian atau di bank yang support wu, sambil dibetulkan nama yang tadi salah, padahal seharusnya kalo udah ada mtcn dan nama penerima udah bener harusnya sih ga masalah, saya sering kok kurang satu huruf gitu karena pengirim orang malaysia yang namanya aneh aneh gt, pas dapet petugas yang agak ketat aja kayanya mbak :)

  25. 39 Anonymous October 31, 2013 at 10:37 am

    Aku mau tanya knpa uang aku gk bisa aku ambil… ktanya suruh fax setelah aku fax gk masuk…. gimana solusinya…udah satu minggu…mohon bantuanya

    • 40 pipinpramudia November 1, 2013 at 9:51 am

      maksudnya fax gmana ya mas? setau saya kalo mau ambil western union kita tinggal diasih nomor mtcn sama nama lengkap aja kok, abis itu bisa diambil sambil bawa ktp atau identitas lain

  26. 41 mette December 10, 2013 at 6:43 pm

    Iya emg mudah ngambil uang drkiriman WU, asal nama dll g salah, pengalaman wktu saya ada di malaysia, temen saya kirim dari indo, salah satu huruf suruh mbetulin di kantor pos nya tempat mengirim, bgtu,, baru klo udah bener boleh di ambil. Makan wktu emg,,,,

  27. 42 Nina January 1, 2014 at 8:08 am

    Kalau kita dpet kiriman lewat WU. atas nma n ktp / identitas sasaya. Tp kbtulan ni ngedadak mau d pke adek dananya. Bs org lain gx ya ngmbilnya…

    • 43 journalight February 3, 2014 at 1:04 am

      saya kurang tau mbak nina untuk masalah tersebut

  28. 44 sarah January 1, 2014 at 9:43 pm

    Admin, saya mau tanya temen saya mau kirim uang tapi dia tidak minta identitas KTP saya. Dia cuma minta nama lengkap saya dan nama lengkap ayah saya. Terus bagaimana ya, sedangkan sewaktu nanti kita mengambil uangnya kita harus menyerahkan KTP. Apakah bisa diambil uangnya ? Thxs admin

    • 45 journalight February 3, 2014 at 1:03 am

      bisa mbak, cukup nama lengkap saja, nanti petugas akan mencocokkan nama kita dengan ktp, soalnya pas saya ngambil uang, pengirimnya selalu cuma nulis nama lengkap saya aja :) dan bisa

  29. 46 cakramahkota January 8, 2014 at 3:10 pm

    makasih atas infonya sobat

  30. 47 handoko February 5, 2014 at 3:22 pm

    misi gan numpang tanya nih, kalo biaya pengambilannya berapa yak? ane pengen dikirimin duit dari malay tapi kaga tau biaya pengambilannya, mungkin agan-agan bisa bantu jawab pertanyaan ane hehe, makasih ni ya gan sebelumnya

    • 48 journalight February 6, 2014 at 6:09 am

      sepengalaman saya kalau ngambil ga pake biaya mas alias gratis, yang bayar yang ngirim, semoga membantu

  31. 49 Sunarti Bilalang February 15, 2014 at 12:43 am

    Min pacar saya mau qrim uang dri Qatar, saya tinggalnya di manado skrng (domisili) nah dia minta tu alamat saya. Saya mau pke alamat yg mna min soalnya t4 tinggal saya skrng sama yg di KTP beda. :). KTP saya luar manado, tapi skrng sudah tinggal d manado.
    mohon bantuannya ya..

  32. 50 tracklist February 23, 2014 at 3:12 pm

    Hello there, You’ve done a great job. I will definitely digg it and personally recommend to my friends.
    I am sure they will be benefited from this site.

  33. 51 Faizal Sefunny February 27, 2014 at 5:48 pm

    mau nanya nih… kalau ngambil WU di indonesia pakai passport bias gak yah…?

  34. 52 Faizal Sefunny February 27, 2014 at 5:50 pm

    Mau nanya nih… kalau ngambil WU di Indonesia pakai PASSPORT bisa gak yah….?

    • 53 journalight February 28, 2014 at 1:38 am

      bisa mas :)

  35. 54 Faizal Sefunny February 28, 2014 at 7:23 am

    0k. terima kasih banyak…

  36. 55 Zest March 21, 2014 at 8:09 pm

    Info yang bagus…
    Lam kenal Gan…

    http://www.zest-warnet.info

    • 56 journalight March 22, 2014 at 4:34 am

      salam kenal juga mas bro :)

  37. 57 leonardo March 22, 2014 at 1:44 pm

    mau tanya, klo orang tua aku ngirim uang, nama penerimanya itu kakak aku, tapi berhubung dia ga bisa ambil jadi nyuruh aku, itu bisa gak klo aku yg ambil ?

    • 58 journalight March 22, 2014 at 1:54 pm

      sepengalaman dan sepengetahuan saya, pengambilan di western union tidak bisa diwakilkan mas bro :)

      • 59 leonardo March 23, 2014 at 11:08 pm

        oh gitu, klo nmanya ga lengkap apa bisa di terima, misal namaku leonardo fery gunawan, tapi yg ngirim nulisya cuman gunawan aja, apa bisa ?

  38. 60 journalight March 24, 2014 at 5:13 am

    sepertinya masih bisa mas bro :)

    • 61 leonardo March 24, 2014 at 10:09 am

      thanks infonya (y)

      • 62 journalight March 24, 2014 at 10:40 am

        sama sama mas

  39. 63 Puspa March 28, 2014 at 3:22 am

    Mas saya dpt kiriman uang dengan pin 16 digit bisa kok gak bisa diambil,terus gimana

    • 64 journalight March 29, 2014 at 1:42 am

      setahu saya MTCN (pin?) number itu cuma 10 digit mbak, kalo 16 saya belum pernah tahu. coba ditanyakan lagi saja ke pengirimnya, mungkin salah kirim MTCN

  40. 65 nike April 17, 2014 at 11:17 am

    mau tanya gan itu ada nomor 16 digit yg diberikan oleh aliexpress online shop di isi di mana ya pada formulir pengiriman lewat WU….

  41. 66 nena June 1, 2014 at 1:35 pm

    Klo no pin wu brp digit yaa…coz saya dpt pinnya cuma 9 digit??

  42. 67 Bimo suryo hasmoro September 4, 2014 at 2:53 pm

    Misi min mau numpang tanya,kalo WU bisa gak ya transfer nasional dari daerah 1 ke daerah lain?

    • 68 journalight September 7, 2014 at 1:35 am

      bisa banget mas broo :)

  43. 69 Ardiansyah September 21, 2014 at 11:01 am

    Min saya mau ngambil uang di wu, tp ktp sy hilang,, ga ada sim juga,, gimana tuh… ? Bingung jadi nya..

  44. 70 seo jakarta terbaik October 1, 2014 at 9:04 am

    Very nice write-up. I definitely love this site.
    Thanks!

  45. 71 tati yuliyanti October 17, 2014 at 2:36 am

    saya binggung gmn cara mengambil uang dari wu no pin nya salah terus

  46. 72 Mukharom December 17, 2014 at 1:30 am

    mksh mas bro


Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

