tips hemat buat mahasiswa itb

“buat saya sendiri sebenernya”

1. sebisa mungkin hindari makan di gelap nyawang.
selain kurang sehat makan disini bisa mengacaukan akhir bulan anda, harga makanan disinipun sebenernya cukup bervariasi dan bisa dibilang tidak mahal, yah kisaran antara 5000 – 10000. tetapi bagi orang yang tidak selektif kayak saya makan disini cukup bisa menyedot kantong anda, selain itu pengamennya juga banyak. mengganggu kenyamanan saat makan. dan tambah lagi biasanya kalo makan disini tuh (saya) selalu mesen minum yang aneh-aneh juga seperti ice black, ice purple, ice pink, ice yellow, hehe ada yah?.

2. list daftar-daftar belanjaan anda per bulan
salah satu penyebab terjadinya kebakaran kantong bagi mahasiswa mungkin adalah tidak bisa mengontrol flow keluar masuknya duit. oke, masuknya mungkin bisa karena jarang-jarang, tapi keluarnya susah mungkin juga cuma terjadi sama saya. dulu saya tidak pernah tau dan tidak pernah menghitung berapa jumlah uang yang ada di kantong dan dompet saya, jadi saya tidak pernah bisa mengontrol pengeluaran, tau-tau abis aja. sekarang pun masih sama cuma kadang-kadang saya suka mengatur pengeluaran saya

3. jangan sering-sering keluar masuk parkiran
dengan kendaraan tentunya, kalo jalan kaki mah ya silakeun wae atuh. kenapa? ya karena kalo parkir pasti bayar kan? apalagi parkirnya di masjid Salman, untuk motor 1000, helum lagi gw, yang sering pulang pergi itb kosan.

4. selektif dalam memilih unit
kalo yang ini hemat keringat hehehe dan waktu juga. kuliah di ITB itu tidak seperti kuliah di UI (iyalah) disini nggak ada yang namanya bis kuning, semoga bentar lagi ada bis ijo. kampus ITB ukurannya juga nanggung, gedhe enggak kecil juga enggak. mmm, balik lagi ke persoalan, seperti saya, jurusan saya kebetulan terletak di pojok kanan depan. sedangkan unit saya terletak di pojok kanan belakang, ada yang di tengah ada juga yang di belakang tengah bisa dibayangkan saat semua sedang aktif-aktifnya.
catatan : unit itu aktif di awal-awal tahun. saat mahasiswa-mahasiswa baru sedang aktif-aktifnya ikut banyak unit dan mahasiswa tua aktif-aktifnya ngecengin mahasiswa-mahasiswa baru.
gak dapet ya yang gw omongin? ya intinya gini aja deh, pilih aja unit yang deket sama jurusan. biar gak capek jalan kaki kecuali pengen sehat.

5. jangan bawa mobil
sumpah deh, ini bikin macet banget. selain boros-borosin cadangan minyak negara. bawa mobil ke kampus itu juga nyusahin orang lain, paling gak orang seperti saya yang sering telat. udah tau parkiran kampus ITB tu sempit eh ini bukannya gimana biar baeknya eh malah pada parkir dipinggir jalan. kalo yang rumahnya jauh mah oke lah, ini kosannya cuma dicisitu dago plesiran tapi ke kampus bawa mobil. di kosan juga gak ada parkirannya narohnya dipinggir jalan juga, macet lagi tau.  kalo dari segi efektifitas dan keamanan mah gw yakin kalian juga (kurang) nyaman <– gak tau sih rasanya gimana, tapi kalo menurut gw sih kok kayaknya  ribet banget.

6. beli parfum
warning : ini cuma buat manusia jorok kayak saya aja

ini berguna kalo stok pakaian bersih kita sudah abis, kita bisa scanning kira-kira mana yang tidak terlalu kotor dan taraf baunya tidak sampai mematikan orang lain. terus kita semprot dengan parfum kita, beres efektif dan hemat tenaga biaya dan waktu. waktu buat nyuci, biaya buat beli detergen dan tenaga😀

7. mahasiswa harus punya celana jeans
berdasarkan informasi yang saya dapat dari novel travellers tale, celana jeans cukup tahan untuk tidak dicuci selama satu bulan. tapi ini bukan berarti celana jeans gw tidak pernah dicuci selama satu bulan loh ya. jadi intinya kita bisa sering-sering make, tapi jangan lakukan ini pada baju. minimal baju usahakan tiap hari ganti, celana tidak akan ketauan kalo bahkan anda tidak gantipun tapi baju akan sangat mencolok kalo anda tidak ganti. tapi kalo anda anak FSRD saya rasa tidak masalah kalo anda tidak ganti bahkan untuk sebulan pun. bahkan kalo anda tidak make baju sekalipun saya rasa juga tidak bakal ada yang ngomentarin (hehe, no offense untuk anak FSRD, peace bro, saya selalu kagum sama anak-anak FSRD)

8. jangan terlalu stress
kuliah disini memang sudah terkenal(dimata saya) dengan tugas-tuganya yang menumpuk dan dikejar deadline, jangan terlalu dibawa stress, nyantai saja, hiduplah dengan seenjoy mungkin, ini namanya tips cerdas menghemat umur. tapi jangan terlalu santai juga, nanti malah ujung-ujungnya gak ngumpulin tugas kayak gw *sigh*.

9. rajin solat
gak nyambung deh <– ini mungkin menghemat dosa

2 Responses to “tips hemat buat mahasiswa itb”


  1. 1 Isan November 11, 2010 at 2:42 pm

    hhhha…. ok dah keren… sip. unikom neh

    • 2 journalight November 13, 2010 at 7:01 am

      @isan
      sama sama ^^


Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

