sakit 1/2 jiwa

sebenernya gua udah lama melihat novel ini di pajang diantara deretan rak gramedia. dari segi cover novel karya Endang Rukmana ini cukup menarik. kenapah? karena gambar di covernya pernah dijadikan pembatas novel adhitya mulya ” traveler’s tale ” yang mana kalian tahu bahwa novel adhitya mulya itu nggak ada yang gak komedi.

novel ini cukup menarik minat gua (entah kenapa kalo pergi ke toko buku bawaannya kok pengen beli aja dan lupa bahwa akhir bulan nanti gua juga perlu makan) tapi entah kenapa saya urung karena mungkin belum adanya rekomendasi yang kuat dari temen mungkin kali ya…. dan untung saya tidak jadi beli karena ternyata isinya diluar expectasi saya.

jadi gini inti ceritanya, adalah seorang cowok bernama bobby yang dihantui kekek-kakek gila untuk melakukan pengembaraan ke sasaka domas (pokoknya suatu tempat yang jauh di pedalaman hutan deket pemukiman baduy) demi mendapatkan setengah dari jiwa yang terkubur bersama ari-arinya juga untuk menemukan soulmetnyah.

well, gua juga heran kenapa emaknya bobi ini mau beranak aja kok mesti ke pemukiman baduy, yang lebih heran lagi kenapa si bapaknya malah ngadain ekpedisi ke sasaka domas yang mana sangat jauh banget demi hanya untuk mengubur ari-ari anaknya. well don’t carelah, kita lanjut, setelah itu…..ya pokoknya novel ini menceritakan tentang usaha bobi untuk ngedapetin setengah jiwanya lah (kalo saran gua sih, dia gak perlu jauh-jauh ke sasaka domas, di jakarta yang metropolitan itu kan banyak rumah sakit jiwa) beserta konflik-konflik yang menyertainyah.

overall, novel ini sangat ringan, gak ada satu kilo kok, tenang ajah, jadi cocok buat nemenin kita makan pisang goreng, komedinya juga gak terlalu lucu tapi cukup bikin gua tersenyum, ada sisi negatif yang gak terlalu gua setuju dalam novel ini, yaitu gak ada pesen moralnya sama sekali, dan terkesan malah memberikan gambaran kepada kita bahwa kehidupan bebas itu sudah biasa, cewek tidur berdua sama cowok udah biasa, cewek mandi di kali berdua sama cowok udah biasa, kalo tidur kita merem udah biasa, dan hal-hal yang menurut saya mengarah kepada kehidupan yang bebas.

so, buat anak kecil, mending nunggu gedhe dulu dah baru baca nih novel. see ya

4 Responses to “sakit 1/2 jiwa”


  1. 1 journalight March 30, 2008 at 9:05 am

    ngetest comment

  2. 2 raynata March 31, 2008 at 5:08 am

    Hmm.. berarti kesimpulannya reccomended or not? saya sie nangkepnya nda reccomended… tapi takut salah makanya nanya dlu…

    Sempet kepikiran mau beli…tapi sejak baca review-nya kayaknya…ga jadi deh… hhe… karena lagi stress, kayaknya mau nunggu babi ngesot-nya si raditya dika aja deh…hhe

    salam kenal btw…

    waahhh…anak ITB yah🙂 keren…🙂

  3. 3 diena March 31, 2008 at 11:02 am

    gue dulu baca depannya doangan. soalnya pas baca depannya aja udah ga ngerti lucunya di mana. itu juga punya temen, dan waktu itu ga niat minjem. jadinya yaaaaa…
    tapi gatau ya kalo dalemnya itu cihuy.
    cihuy ga? hehe… kalo diliat dari postingannya sih lebih ke ga😛

  4. 4 journalight April 1, 2008 at 9:16 am

    @raynata : kalo saya sih nggak mas, soalnya novelnya kurang kena kalo menurut saya (yang kena bgt itu contohnya “gege mengejar cinta”), iyah mending beli bukunya radithya dika, soalnya selama ini bukunya radith selalu ok kalo menurut saya. iya mas, salam kenal juga, suka fotografi juga ya? blognya tak link yah. enggak kok, anak itb tu gak keren, masih kerenan anak-anak unpad hehehe, kalo gak percaya maen kesini aja…

    @diena : kurang begitu cihuy, biasa ajah, lu belum boleh baca tuh, belum cukup umur,😛


Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

