i swasta : setahun di bedahulu

buku (novel) yang saya baca jaman saya masih sd kalau nggak smp, buku karya A.A Pandji Tisna ini saya temukan secara tidak sengaja di tumpukan buku-buku lama di lemari temen saya (gak sengaja apa mau ngerampok?) dalam kondisi yang sangat mengenaskan, sampul yang udah entah kemana, kertas yang kecoklatan dan geroak disana-sini karena dicicipin tikus, dan beberapa lembar udah sobek.

saya tertarik dengan buku itu karena membaca nama Pandji Tisna, karena kebetulan beberapa hari sebelumnya saya membaca penggalan “Sukreni Gadis Bali” di buku teks bahasa indonesia SD (kalo nggak smp). jadinya saya jadi tahu nama pandji tisna.

mmmmh, sebenernya saya udah agak lupa sama isinya karena udah lama sekali. pokoknya intinya menceritakan perjalanan seseorang bernama I Swasta yang merantau ke kota (pusat kerajaan). dari rakyat biasa sampai menjadi hulubalang kesayangan presiden dan bertemu dengan seorang sahabat baik, hingga jatuh cinta sama salah satu dayang kerajaan yang sangat cantik.

membaca novel ini seperti membawa kita ke jaman kerajaan bali dulu, dengan keadaan alamnya yang eksotis dan masih perawan *saking perawannya, sampe-sampe harimau bisa dengan gampangnya masuk desa*, budaya-budaya bali yang tidak kalah eksotis dan keadaan sosial masyarakat bali pada masa lampau. alur ceritanya sendiri juga sangat menarik dan susah ditebak, membuat kita ternganga dan shock karena endingnya jauh meleset dari apa yang sudah kita perkirakan. must read lah pokona mah, super duper highly recommended, salah satu novel spektakuler yang pernah saya baca.

sayang, sampe sekarang saya masih kesusahan menemukan kembali novel legendaris ini (siapa sih yang gak tau kemasyhuran pandji tisna?), bentuk sampulnya seperti apa aja saya belum tahu. huhuhu, ada yang bisa bantu saya? udah gak sabar pengen baca lagi…

0 Responses to “i swasta : setahun di bedahulu”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

