cara mengatasi Error establishing mySQL database buat super pemula kaya saya

Kemaren saya sempet shock karena website saya down akibat kebegoan saya sendiri, udah lama nggak ngurusin web ini trus kemarin coba utak-utik cpanel, trus saya liat ada my SQL database icon, nah saya mikir ini buat apa ya? Ah menuh-menuhin hosting aja, jadi aja saya hapus, dan ketika saya akses, eh web saya langsung nongol tulisan sepeti ini :

“error establishing SQL database”

Saya langsung panic, duh ini web udah gw bangun bertahun-tahun walo gak konsisten, wordpress nya baru saja saya upgrade ke versi 2.7.1, theme nya udah capek-capek saya edit dan sudah banyak postingan saya disana.

Pokoknya saya sakit hati pagi itu, rasanya kaya dicubit beruang, ya rasanya seperti anda udah cape-cape bikin anak, ngerawat dan ngasi makan ampe gedhe, trus anak anda tau-tau ilang gara-gara gak sengaja anda cemplungin ke sumur. Ya, pokoknya begitulah, susah untuk dilukiskan dengan kata-kata😛.

Tapi sakit ati tidak menyelesaikan masalah, untungnya ada om google yang baik hati, akhirnya saya bangun SQL database dari awal, bikin nama database baru, bikin user dan password baru trus nyocokin keduanya di wordpress, wp-config kalo ga salah. Dan Alhamdulillah bisa dibalikin semua kecuali postingan, yah mending lah, ga perlu cape-cape donlot theme lagi, install dan upgrade CMS lagi, etc.

Bagi pengguna CMS wordpress yang mungkin mengalami masalah yang sama bisa ikutin langkah-langkah sebagai berikut :

Cara lumayan panjang dan lumayan repot :

Bangun SQL database ulang

Bangun ulang SQL database anda dari awal, gunakan SQL database wizard pada CPANEL, pastikan anda ingat nama database anda.

Setelah itu bikin username, yaitu account yang berhak mangakses SQL database anda, pastikan anda mencontreng ACCES ALL PRIVILEGES (kalo ga salah) dan pastikan juga anda ingat username dan password anda.

Setelah beres, cocokkan database anda dengan wordpress, kalo ga salah inget sih pada bagian wp-config, coba cek web anda yang bermasalah ntar bakal ditujukan ke pada wordpress mana yang perlu anda ubah script css nya, minimal sampean ngerti css dikit-dikit lah. Setelah itu masukkan username dan password css anda pada scriptnya, ß ada petunjuknya kok, tapi hati-hati.

Cara gak repot :

Telepon teknisi penyedia web host anda dan minta dia buat benerin😛

regards

warning

jangan terlalu polos dengan sok-sok an menghapus SQL database, SQL database itu buat nyimpen data, namanya aja database, kalo lu apus ya pasti ilang! yakinlah sodara-sodara, rasanya sakit sekali !

19 Responses to “cara mengatasi Error establishing mySQL database buat super pemula kaya saya”


  1. 1 bola May 15, 2010 at 3:53 am

    mantap

    • 2 journalight May 15, 2010 at 1:16 pm

      terima kasih juragan sudah mampir ^^

  2. 3 manfaat.biz May 19, 2010 at 2:34 am

    ternyata msalah yg sama menghampiriku. blog yg kubuat sering error koneksi database nya… sebel deeh

    • 4 journalight May 20, 2010 at 1:58 am

      di bikin baru aja mas, udah pasti ilang postingannya soalnya ^^ eh tapi ga tau juga deng, hahaha

  3. 5 sandycank June 6, 2010 at 5:38 am

    alo master-master php, mau minta tolong ni. sy punya script sbb:

    masalahnya setiap sy connect selalu muncul sbb:

    Warning: mysql_pconnect() [function.mysql-pconnect]: Access denied for user ‘gilang’@’localhost’ (using password: YES) in /home/bisnishe/public_html/connections/bisnis.php on line 6
    Access denied for user ‘gilang’@’localhost’ (using password: YES)

    gmana solusinya ya? mohon bantuannya donk! maklum, baru pemula!

  4. 6 sandycank June 6, 2010 at 5:43 am

    alo master-master php, mau minta tolong ni. sy punya script sbb:

    masalahnya setiap sy connect selalu muncul sbb:

    Warning: mysql_pconnect() [function.mysql-pconnect]: Access denied for user ‘gilang’@’localhost’ (using password: YES) in /home/bisnishe/public_html/connections/bisnis.php on line 6
    Access denied for user ‘gilang’@’localhost’ (using password: YES)

    gmana solusinya ya? mohon bantuannya donk! maklum, baru pemula!

    • 7 journalight June 7, 2010 at 9:09 am

      waduh maaf mas sandcank
      saya juga pemula ^^
      untuk kasus sampean saya tak bisa memmantu,
      mungkin master master yang lain bisa menolong

  5. 8 Esti August 22, 2010 at 2:06 am

    hehehe hampir mirip kasusnya dengan saya, sampe blog saya eoro berhari2. trims tipsnya

    • 9 journalight August 22, 2010 at 6:40 am

      terima kasih mbak,sama sama
      syukurlah kalo bisa membantu🙂

  6. 10 kaulaweb January 6, 2011 at 9:22 pm

    bantu dong mas,web saya error http gateway,itu knapa ea mas,pleas bantu ea,http://www.kaulaweb.co.cc

    • 11 journalight January 7, 2011 at 11:46 pm

      @kaulaweb
      dari tempat saya, saya akses biasa biasa aja tuh mas, mungkin ip servernya gak sengaja ke banned di komputer anda mas, dulu saya juga pernah kejadian seperti itu🙂

      regards

  7. 12 kaulaweb February 8, 2011 at 11:22 am

    ths mas,udah bnr lagi,ternyata web hostingnya mintenance mas,hehe

    • 13 journalight February 9, 2011 at 12:36 am

      hahah, alhamdulillah kalo begitu😀

  8. 14 Dimas Prasetyo March 21, 2011 at 4:22 am

    ya ampun. sayang banget postingan udah banyak terus hilang begitu saja. ck ck ck. coba cari back-up nya dulu mas. kan biasanya hosting secara berkala back up database kita.

    • 15 journalight March 22, 2011 at 12:32 am

      udah beberapa tahun yang mas itu, sekarang website nya udah tumbuh lagi, udah lebih baik malah, setiap cobaan itu ada hikmahnya🙂

  9. 16 ariewayq April 15, 2011 at 3:13 pm

    bro matap….
    anak gw udah ketemu lagi,
    nie lagi nete sama emaknya…:)
    makasi atas infonya tapi sayang tutorialnya dunks,kurang lengkap.
    pake photo scape agar lengkap,
    tetap berkarya ya..
    kami menantikan postingan selanjutnya

    • 17 journalight April 16, 2011 at 12:05 am

      makasiiih🙂

  10. 18 Ignacio May 9, 2013 at 12:48 am

    This article offers clear idea in favor of the new viewers of blogging, that genuinely how
    to do blogging.

  11. 19 online betting June 4, 2013 at 3:21 am

    This paragraph gives clear idea in support of the new
    users of blogging, that really how to do running a blog.


Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

