ikan ikan yang harus di hindari saat di pantai dan di laut

nemu di kaskus, mungkin bermanfaat bagi anda yang punya hobi nyelem atau jalan jalan di pantai🙂 inilah ikan yang harus anda hindari waktu anda di laut atau di pantai demi keselamatan anda.

BARRACUDA

Barakuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki.[2] Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di samudra tropis dan subtropis di seluruh dunia. Barakuda adalah anggota genus Sphyraena, satu-satunya genus dalam familia Sphyraenidae.ikan ini sering menyerang penyelam
(nyata:temen ane pas dive di karimun jawa, kupingnya tinggal separo disamber baracuda)

MORRAY EEL

Sejenis belut ini bisa ditemukan di seluruh dunia menyelinap di celah-celah atau retakan karang – dimana dia menunggu mangsanya lewat dan menyergapnya dengan rahangnya yang kuat. Karnivora menakutkan ini adalah pemakan hewan-hewan laut meskipun bisa juga mengakibatkan luka pada manusia yang terlalu dekat dengannya. Kelihatannya belut yang bisa mencapai panjang 13 ft ini lebih suka menghindar daripada menyerang dan hanya menyerang manusia untuk mempertahankan dirinya atau menggigit tangan secara tidak sengaja karena dikira makanannya. Ketika merasa diganggu, makhluk ini menjadi ganas; dan bakteri yang terdapat pada gigi-giginya bisa menyebabkan luka yang serius. Pada beberapa spesiesnya, lendir di kulitnya juga mengandung racun.

CENDRO ATO NEEDLEFISH


Cendro, Tylosurus crocodilus (Belonidae); hidup di lapisan permukaan menyendiri, ukuran ikan ini dapat mencapai panjang 100 cm dan yang umum tertangkap 60-70 cm. Tergolong ikan pelagis, penangkapan dengan pancing layang-layang, jaring insang hanyut, dipasarkan dalam bentuk segar dengan harga sedang. Daerah penyebaran; sepanjang pantai perairan yang berbatasan laut dalam terutama perairan Indo- nesia bagian timur, selatan Jawa, barat Sumatera, dan Selat Sunda, berbahaya karena sering menyarang bagian tubuh manusia
IKAN LEPU
Ikan Lepu Ayam (Lion Fish)

Ikan Lepu Tembaga (Stone fish)

Lepu adalah sekelompok spesies ikan laut yang beracun yang tergabung dalam genus Pterois, Parapterois, Brachypterois, Ebosia atau Dendrochirus dari keluarga Scorpaenidae. Lepu merupakan spesies predator. Ketika berburu, mereka akan menyudutkan buruannya dengan sirip besarnya dan dengan refleks cepatnya mereka menekan buruannya sekaligus. Lepu dikenal karena durinya yang panjang dan memiliki warna merah, coklat, oranye, kuning, hitam atau putih berselang-seling. Kelompok ikan ini diklasifikasikan sebagai sebuah subfamili (Pteroinae) atau sebuah suku di bawah Scorpaeninae (Pteroini).
HIU


Kyknya gk Perlu banyak penjelasan dah….pasti agan2 dah pada tw knapa ni ikan harus dihindari
IKAN SEMBILANG (Lele Laut)

Ikan sembilang adalah anggota dari suku (famili) Plotosidae, suatu kelompok ikan berkumis (Siluriformes). Penciri khas yang membedakannya dari kelompok lainnya adalah menyatunya sirip punggung kedua (sirip lemak), sirip ekor, dan sirip anus sehingga bagian belakangnya tampak seperti sidat. Dalam bahasa Inggris ia disebut ikan kumis berekor sidat, “eel-tailed catfish”).
Hewan ini menghuni air tawar (perairan darat) dan perairan laut, dan menghuni wilayah hangat Indo-Pasifik, dari Jepang hingga Australia dan Fiji. sering menyerang pemancing yang tidak hati2 dan pejalan kaki yg berjalan-jalan disekitar pasir pantai…Racun MEDIUM (Demam 2 hari)
IKAN BUNTALl

Efek racun ikan ini terjadi hanya apabila kita mengkonsumsinya, tetapi terdapat beberapa kasus ikan ini menggigit bagian ANU pria dan meninggalkan bekas luka sebesar uang Rp500
Bagian yang paling beracun dari fugu adalah hati, telur, dan saluran pencernaannya. Tetapi bila pada saat pengolahan terkontaminasi oleh bagian organ dalam yang pecah, daging menjadi sangat beracun dan mematikan.
Racun yang terkadung pada bagian dalam ikan buntal ini disebut Tetrodotoksin (TTX). Dosis mematikan racun ikan buntal bagi manusia diperkirakan 2 mg TTX. Racun ini sangat mematikan dan akan bereaksi pada korbannya hanya dalam waktu kurang dari setengah jam.
IKAN PARI

Ikan pari (rays) termasuk dalam sub grup elasmobranchii, yaitu ikan yang bertulang rawan dan grup Cartilaginous (Last and Stevens,1994). Ikan ini mempunyai bentuk tubuh gepeng melebar (depressed) dimana sepasang sirip dada (pectoral, fins)-nya melebar dan menyatu dengan sisi kiri-kanan kepalanya, sehingga tampak atas atau tampak bawahnya terlihat bundar atau oval.
Ikan ini umumnya mempunyai ekor yang sangat memanjang menyerupai cemeti. Pada beberapa spesies, ekor ikan dilengkapi duri penyengat sehingga disebut ‘sting-rays’, mata ikan umumnya terletak di kepala bagian samping
Racun SANGAT KUAT
IKAN BARONANG

Ikan baronang termasuk pemakan tumbuh-tumbuhan, tubuhnya membujur dan memipih lateral, dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, mulut kecil posisinya terminal. Rahangnya dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Punggungnya dilengkapi oleh sebuah duri yang tajam mengarah ke depan antara neural pertama dan biasanya tertanam di bawah kulit. Duri-duri ini dilengkapi dengan kelenjar bisa/racun pada ujungnya Racun MEDIUM.
IKAN KERAPU RAKSASA

sebetulnya kerapu tidaklah berbahaya jika berukuran kecil, tapi klo berukuran besar sudah berbeda cerita.
adalah sejenis ikan dari keluarga Serranidae yang ditemukan di Samoa Amerika, Australia, Brunei, Kepulauan Cocos, Fiji, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Mikronesia, Kaledonia Baru, Kepulauan Mariana Utara, Pulau Palau, Papua Niugini, Filipina, Samoa, Singapura, Kepulauan Solomon Taiwan, Thailand dan Vietnam. Namanya dalam bahasa Inggris adalah coral trout, leopard coral grouper atau leopard coral trout.
Habitat alaminya adalah lautan terbuka dan karang.

3 Responses to “ikan ikan yang harus di hindari saat di pantai dan di laut”


  1. 1 Asop October 7, 2010 at 1:35 am

    Wah, Baronang bisa dimakan, enak juga.😀

    • 2 journalight October 11, 2010 at 12:44 am

      iya to sop?
      wah belum pernah🙂, jarang makan ikan laut😀

  2. 3 don July 10, 2011 at 4:15 pm

    Racun sembilang memang lumayan, tp beruntung saat terkena gak sampai demam, tp rasa sakit dari lukanya yg cukup lama, pengalaman yang cukup membuat trauma


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

    %d bloggers like this: