7 dari 10 orang jamaah sholat jum’at tidur

sering saya mengalami, atau melihat orang yang tidur waktu khotbah sholat jum’at. saya sendiri kadang juga sering merasa ngantuk berat, entah karena apa, biasanya khatib khotbahnya terlalu bertele tele, atau kekenyangan, dll.

untuk menghindari ngantuk biasanya saya fokus dengerin apa yang disampaikan khotib, kalo lagi deket sama tas saya catat di buku note saya, agak freak mungkin, jadi waktu khatib kotbah saya pegang pulpen sama note, lalu saya catet point point yang disampaikan khatib.

 

hal lain yang sering saya lakukan dan lumayan asyik adalah mengamati aktivitas jamaah lain, dan itu menjadi kebiasaan, saya biasa sholat di lantai atas masjid lipi, dan kebanyakan jamaah yang duduk di lantai satu terlihat oleh saya, saya bagi mereka yang duduk satu shaf dalam satu kelompok yang masing masing ada sepuluh orang, lalu saya amati mereka satu persatu, dan hasilnya menakjubkan, rata-rata dari yang saya amati, tujuh dari sepuluh orang dalam kelompok tersebut tidur, satu orang asyik sendiri, dan dua orang serius mendengarkan khotbah.

perbandingan yang saya peroleh kira kira begini :

jamaah tidur : jamaah asyik sendiri : jamaah serius

7 : 1 : 2 atau 6 : 1 : 3 atau 7 : 3 (tujuh tidur dan sisanya serius)

di masjid tempat anda sholat jum’at, berapakah presentase orang yang tidur?

3 Responses to “7 dari 10 orang jamaah sholat jum’at tidur”


  1. 1 KeZ April 10, 2011 at 8:36 am

    Mending Pin, di mesjid gw 9 dari 10.. :))

    • 2 journalight April 16, 2011 at 12:06 am

      @kez
      hahaha, mantab kes, ngitung juga lu ternyata, hahaha

  2. 3 kez April 16, 2011 at 7:47 am

    Ga tau kenapa sih pada gitu, dari apa yang gw observasi, emang gw rasa cara Khatib kalo lagi ceramah di semua mesjid itu juga ngomongnya itu-itu aja, materi yang disampaikan juga (maaf kata) kadang ya udah nggak kontekstual sama keadaan sekitar. Masih cuap-cuap aja tanpa ada isi yang “ngena” gitu di jamaah.

    Gw sebagai pendengar kadang-kadang juga merasa ga heran kalo banyak yang tidur.. :))


Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

