untung dan investasi

dulu ada orang yang menawarkan kepada saya, pin ngapain investasi reksadana, mending kamu investasi di emas. nilainya terus naik.

jika seseorang membeli rumah pada tahun 1980 seharga 50 juta, lalu pada tahun 2011 sekarang ini rumahnya telah bernilai 200 juta. apakah dengan begitu dia untung 150 juta? untung dari mana? lha wong rumahnya ya itu itu aja. secara logis malah rugi karena kamu bayar pajak tiap tahun dari tahun 1980 sampai tahun 2011.

jika oke kamu membeli emas, katakanlah 1 kg tahun 1996 seharga 25 juta, dan sekarang harganya 1 kg 500juta, apakah dia untung 475 juta? padahal emas nya dari pertama dia beli sampai sekarang masih tetep satu kilo, enggak berubah jadi dua kilo.

secara logika emas anda justru berkurang karena dalam islam harta yang disimpan itu ada zakatnya, ada sebagian hak kaum miskin sebesar 2.5 persen, nisab atau harta yang harus dikeluarkan zakatnya adalah 20 dinar (85 gram emas) jadi kalau kita punya 20 dinar, kita harus keluarin zakatnya. itulah makanya dalam islam dianjurkan untuk tidak menimbun harta, tapi investasi pada sektor riil, agar kesejahteraan merata. tidak dipegang kaum yang kaya saja.

lantas apakah membeli emas atau rumah bisa disebut investasi? ya tergantung by definition dari investasi itu menurut anda sendiri🙂. kalo menurut saya sih, emas atau asset seperti rumah itu cuma sebagai penjaga nilai dari harta anda aja, proteksi, guardian of value. melindungi kemampuan daya beli harta anda terhadap komoditas. melindungi harta anda dari inflasi.

terus untung itu gimana? kalo menurut saya sih untung itu kalau kita beli kambing dua, jantan dan betina (asumsi kambingnya nggak homo atau lesbi) terus mereka menikah dan memiliki anak dua, lalu anaknya menikah lagi sehingga si kambing punya cucu, dan beranak pinak seterusnya sampai 100 ekor, itulah yang saya sebut sebagai untung 98 kambing, dikurangi ongkos makan makan dan tempat tinggal (ongkos produksi).

apa itu untung? kalo kita nanem 100 batang padi dari 100 biji padi, lalu tiap padi ngeluarin 100 padi, terus kita panen 10.000 padi, itulah untung kita 10ribu dikurangi 100 padi dikurangi ongkos produksi.

so bagi yang udah dapet gaji sudah saatnya bagi anda untuk memproteksi kerja keras anda🙂

wassalam

sumber pendukung : mbah google

2 Responses to “untung dan investasi”


  1. 1 Si Kambing Ganteng August 26, 2011 at 12:51 am

    Ouw,mbeeek… Begitu toh Mas…0.0?

    #elus2jenggot

    • 2 pipinpramudia August 28, 2011 at 10:03 am

      sing sabar ya mbing, sing a song😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

    %d bloggers like this: