pertanian dan peternakan

sebenernya kalau dipikir pikir, orang indonesia itu butuh apa sih untuk hidup sejahtera? seharusnya untuk negara sesubur ini, rakyat paling miskin pun bisa lah makan nasi pake daging sapi setiap hari dan minum susu, entah itu daging sapi atau kambing, beternak pun harusnya gak susah, rumput banyak, harusnya sapi dilepas aja mereka bisa idup dan beranak pinak, mereka bisa kaya dari jualan sapi atau kambing. kondisi idealnya harusnya begitu.

tapi kalau saya pulang kampung, kebanyakan di kampung saya peternaknya adalah cuma penggemukan saja, itu aja ngeluhnya minta ampun, sapi nya harga jualnya rendah lah, ga sesuai sama biaya operasional lah, kok bisa? sementara harga daging sapi indonesia paling mahal sedunia, trus saya tanya, kenapa ga bikin pembibitan sapi aja? ngeluh lagi, susah katanya, pernah saya dateng ke salah satu tetangga, yang dia hobi beternak, mau nggak kamu beternak kambing? modal semua dari saya, jawab dia : kambing itu susah nyari pakannya, kalau pakannya salah bisa mati, gampang kena penyakit.

dan rencana gw invest ke peternakan pun fail, susah memang masalah SDM ini, belum apa apa aja yang kita denger udah susahnya terus, kendala terus, pesimis, mental itu penting ternyata. sistem dan support pemerintah juga penting untuk melindungi peternakan, pedagang sapi yang ga rakus juga penting, di tempat saya yang mata pencahariannya belantik (penjual sapi) yang kerjaannya cuma beli sapi dari peternak dan jualan ke kota kota rata rata pada kaya raya sampe bisa punya truk fuso segala, peternaknya? rumahnya pada bilik, itu aja sapinya kadang titipan yang punya orang.

ada solusi?

Advertisements

0 Responses to “pertanian dan peternakan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s




sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • RT @suryadelalu: Berita Copras-Capres, dugaan saya akan cuma ini: 1. Jokowi-TGB 2. Prabowo-Anies. Komen2 selainnya hanyalah upaya muter2..😁 1 week ago
  • @caatraa Dibeli lebih tepatnya cat, hehehe, barang kita d rampok, trus kita beli lagi ke perampoknya, 😁 1 week ago
  • RT @ssirah: Di jepang, KFCnya gk ada saos sambelnya, gk ada ayam crispy. Apa di sini dinamain KFC jepang? Kgklah namanya ttp KFC :)) 2 weeks ago
  • Korban korban rentenir online ini kasian juga ya, itulah kenapa riba itu haram 2 weeks ago
  • @Jhon_Keliat PT. Tiga pilar sejahtera (#AISA) bro , saham nya lg nyungsep dari 2.200 tinggal 200an hari ini 😂 2 weeks ago
  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page
    Advertisements

    %d bloggers like this: