untuk pemuda yang sedang sakit

wahai orang yang mendapat cobaan dengan derita sakit! melalui pengalaman saya di zaman ini, saya telah membuktikan bahwa derita sakit adalah kemurahan ilahi dan anugerah rahmani bagi sebagian manusia. selama delapan atau sembilan tahun, beberapa pemuda menemuiku karena sakit mereka, dengan harapan saya mendoakan kesembuhan mereka, sesuatu yang bukan merupakan keahlian saya. kemudian, saya memperhatikan bahwa mereka yang menderita rasa pedih banyak bertafakur dan mengingat akhirat, serta tidak mabuk kelalaian masa muda. bahkan, sampai tingkat tertentu derita sakit tersebut menjaga diri mereka dari syahwat hewani.

saya mengingatkan mereka bahwa sesungguhnya saya senantiasa melihat derita sakit tersebut–termasuk kemampuan mereka menahannya–merupakan kebaikan ilahi dan anugerah dari Nya yang Maha Suci. karena itu saya berkata, “saudaraku, saya tidak bermusuhan dengan derita sakitmu ini, maka deritamu tidak menimbulkan saya rasa kasihan kepadamu yang membuat saya merasa perlu mendoakan kesembuhan dirimu. berusahalah menghias dirimu dengan sifat sabar dan tabah dalam menghadapi derita sakit, sampai engkau mrndapatkan kesadaran! Jika sakit tersebut telah menyelesaikan tugasnya, maka Allah swt, Sang Pencipta yang Maha Penyayang akan menyembuhkan engkau.”

saya juga berkata padanya,” sebagian orang sepertimu selalu mengguncang, bahkan menghancurkan kehidupan abadinya demi menikmati kesenangan lahiriah sesaat dari kehidupan dunia. dan itu disebabkan tenggelamnya mereka dalam sifat lupa zikir yang berasal dari cobaan kesehatan. mereka juga meninggalkan sholat fardhu lupa akan mati, dan tidak mengingat Allah swt. sementara, lewat derita sakit itu engkau melihat kuburan yang akan menjadi rumahmu yang pasti engkau tempati. engkau juga akan melihat tingkatan-tingkatan ukhrawiah yang lain dibaliknya. karena itu, engkau akan bergerak dan melangkah sesuai dengan hal tersebut. dengan demikian, derita sakitmu merupakan kesehatan bagimu, dan kesehatan yang dirasakan oleh sebagian orang seusiamu, merupakan penyakit bagi mereka.”

oleh : Bediuzzaman Said Nursi, penulis Risalah Nur

0 Responses to “untuk pemuda yang sedang sakit”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

