untukmu duhai orang orang yang bermimpi

assalamualaikum

tahukah anda, bahwa berbaagi macam penyakit yang diderita manusia penyebab utamanya adalah karena stress. berdasarkan riset yang telah saya lakukan selama beberapa tahun, dan disertai dengan banyaknya pengalaman dalam menanggung beban hidup yang bertumpuk-tumpuk :)). berikut adalah analisa saya kenapa seorang manusia bisa stress :

1. banyak angan-angan dan merasa mampu / mandiri

stress ini kebanyakan menimpa orang-orang yang memiliki cita cita tinggi, terlampau tinggi, atau sangat tinggi. di sisi lain dia merasa seolah olah dia memiliki semua kemampuan untuk mencapai semua mimpi dan keinginannya itu. dan seiring berjalannya waktu mimpi yang dia kejar itu tidak kunjung terwujud, seiring berjalannya waktu dia merasa bahwa kemampuannya ternyata tidak cukup bagus bahkan mungkin kurang untuk mencapai semua mimpi besarnya itu, sehingga dia terjerumus dalam lubang depresi yang sangat dalam. stress lah dia.

2, malas

kita masih membicarakan orang tersebut diatas. orang yang memiliki mimpi yang tinggi. tapi usaha yang dilakukannya tidak sebanding dengan mimpinya. bahkan kadang tidak tahu langkah apa yang harus disusun dan harus dilakukan untuk mencapai mimpinya tersebut. hal hal yang menurut dia remeh di hiraukannya begitu saja, tidak dikerjakan, atau kalau ada yang lumayan penting, dia tunda, karena merasa tidak penting amat dan tidak punya kontribusi yang berharga sebagai batu loncatan untuk menuju mimpinya tersebut. lagi lagi, dua terjerumus dalam lubang depresi yang begitu dalam. kasian.

well bagitulah analisa saya, namun alhamdulillah, kita adalah orang islam, tidak ada masalah yang tanpa solusi, dalam islam, sebenernya hidup kita sangatlah sederhana, dalam mencapai mimpi atau untuk menuju sesuatu, yang diajarkan dalam islam sangatlah simple. usaha lalu doa lalu bertawakal. simple, saya coba analogikan secara sederhana

usaha

kita bangun tidur, sepagi mungkin, sholat subuh, setelah sholat subuh kita mengucapkan bismillah, dengan namaMu ya Allah, hari ini saya bekerja untuk mencari ridhomu, sebagai ibadah kepadaMu, maka berkahilah dan lancarkanlah hariku yang Allah. lalu kita berkerja apa saja yang kita rencanakan untuk hari itu, semaksimal mungkin yang kita bisa, berbuat sebaik mungkin untuk lingkungan sekitar kita. lalu kita pulang dengan kepayahan, dengan capek, dengan keringat yang sudah terperas, dengan perasaan penuh syukur bahwa kita sudah berusaha semaksimal mungkin hari ini.

berdoa

dalam kita bekerja, ada waktu waktu untuk sholat, dalam sholat itu kita sisipkan dan panjatkan doa dan mimpi kita kepada Allah, ya Allah ini lah mimpiku, keinginanku, hal hal yang akan membuatku bahagia, dan membahagiakan sekitarku, hal ini lah yang menurutkan akan membuatku lebih baik. kabulkanlah ya Allah, atau gantilah dengan yang terbaik menurut kehendakMu, engkaulah yang mengilhamkan mimpi ini, dan engkau pulalah yang akan membantuku untuk mencapai semua itu.

bertawakkal

setelah kita pulang bekerja setelah berpayah payah, sebelum tidur, menghadaplah kepada Tuhanmu, mungkin dalam sholat isya mu, atau setelah sholat witirmu, ya Allah, hari ini aku telah berusaha semampuku, maka rahmatillah aku ya Allah, mimpi yang mengganjal di kepalaku dan membuatku gelisah ini, aku titipkan kepadamu ya Rabb, aku kembalikan padamu, dan selalu sayangilah hamba.

maka setelah itu, tidurlah dalam tidur yang penuh dengan kedamaian. setelah berusaha maksimal, setelah berdoa, dan setelah bertawakal, maka Allah lah yang akan menolong mewujudkan mimpi mimpi kita tersebut. insyaAllah

wassalam

“tidak akan ada penyesalan setelah kita mengusahakan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan”

0 Responses to “untukmu duhai orang orang yang bermimpi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

    %d bloggers like this: