trotoar

ini hari apa ya? oh minggu, udah mau abis aja tahun ini, ntar kalo udah mepet harus nulis resolusi, biar kita selalu on track dengan hal yang sudah kita rencanakan, walaupun kita tahu, Allah lah pemilik semua keputusan, tapi manusia berikhtiar, apapun yang dikasih Allah baik kok, Allah maha tahu dan maha adil.

dan gw little bit sad, karena seharusnya gw ada di rumah magetan sekarang, ketemu bapak, ibuk, dan adek. tapi ga bisa pulang karena mau ada pelanggan dateng dari malaysia akhir tahun ini, terpaksa ditunda, duniawi ya? classic memang. dari dulu ketika beres sma dan pindah ke bandung, gw aware bahwa gw ga akan pernah hidup bareng dengan mereka lagi, yang biasanya kemana mana selalu berempat, merasa benar benar memiliki keluarga, selalu bersama, hehe. dan sekarang gw tinggal jauh dari mereka, melihat mereka menua dari kejauhan, dan gw selalu aware, bahwa suatu hari nanti (maaf agak melankolis) gw bakal dapet telpon dari rumah mengabari bahwa bapak, atau ibuk meninggal, kecuali gw meninggal lebih dahulu, ini gw selalu aware dan selalu prepare, bukan masalah tabu, mau gimana gimana ya sekali lagi, that is life, gw selalu menguatkan hati untuk hari itu. ya walaupun sesiap apapun, gw selalu khawatir.

tambah trenyuh lagi, gw kemarin debat sama temen masalah trotoar, debat santai aja bukan debat ngotot apalagi berantem, gw bukan orang yang idealis, walaupun pernah idealis, gw punya berprinsip, tidak seharusnya dalam berusaha (bisnis), kita menzolimi orang lain. dalam kasus ini, zalimkah orang yang membuka usahanya di trotoar? menurut gw iya, mereka zalim dan tiak adil karena tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya.

mau gmana juga trotoar itu didesain untuk pejalan kaki, kalo trotoar di kapling untuk jualan, bikin warung makan, orang jalan kaki harus jalan di jalan aspal, kalo mereka keserempet motor atau mobil gimana? itu my friend, yang gw maksud zalim. gw ga anti PKL, tapi ya cuma prinsip sederhana aja, yang penting tau bahwa itu salah dan zalim, mau mereka tetep lakukan or not, ya balik lagi ke prinsip masing masing, life is matter of choice right?

itu konsep konsep sederhana aja sih, gw ga pernah beli makanan di trotoar? sering bukan pernah lagi. tapi untuk buka usaha di trotoar? simply enggak. udah gitu aja, ga lebih ga kurang.

ada lagi konsep  sederhana yang banyak orang ga paham, itu orang yang merasa jadi korban. misal ada orang ngerasa jadi korban pencopetan, trus dia menyalahkan si pencopet, thats not how life works brother (or sister). pertanyaannya adalah, hal apa yang kamu perbuat sehingga copet memilih kamu sebagai korbannya? apapun alasannya,suka ga suka, kalau kamu sudah kecopetan, ya memang kamu pantas di copet. simpel. ini juga berlaku untuk hal jahat lain, fitnah misalnya.

kaya kemarin motor gw ilang kecurian, gw nyalahin pencurinya? no, buat apa? motor bakal balik dengan nyalahin pencuri? no, tambah pusing? yes. marah? yes. kesel? yes. trus manfaatnya apa? nothing. jadi ya waktunya ilang ya ilang aja, instropeksi diri, gw pasti ada dosa, mungkin menzalimi orang ga sadar, mungkin yang lain, ya minta ampun aja sama Allah. tapi tetep lapor polisi. lapor polisi supaya balik? nggak, sebagai bagian dari ikhtiar aja, tapi kalau balik ya alhamdulillah.

dan 4 bulan kemudian, alhamdulillah motor ketemu, bersyukur. ilang mendekatkan diri sama Allah, jadi amal, balik juga mendekatkan diri sama Allah karena syukur. simpel aja.

1 Response to “trotoar”


  1. 1 dewani April 29, 2016 at 2:01 pm

    Wow.. 4 bulan kan lama ya…


Leave a Reply

sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page

