Archive for the 'fikih' Category

misi manusia

ps : ini tulisan nyadur dari buku, kata orang, belajar yang paling efektif itu dengan cara menulis ulang 🙂

Manusia diciptakan untuk ibadah kepada Allah. disamping itu, ia juga mendapat amanah kekhalifahan di bumi. Namun, secara syar’i Allah hanya ridha bila kekhalifahan itu dipegang oleh hamba-Nya yang shalih. Ia harus beribadah kepada Allah supaya menjadi orang yang takwa karena hanya dengan takwa, ia mendapat kemuliaan dan kedudukan yang terhormat. Hanya kekhalifahan yang berwibawalah yang dapat menunaikan fungsinya dengan baik. Misi manusia diantaranya adalah :

– Pemakmur Bumi

pemakmuran itu berupa pembangunan materi yang seiring dengan pembangunan ruhani secara proporsional. Dengan arahan dan syariat yang lurus, pembangunan itu dimaksudkan untuk mencapai peradaban yang bermoral dan moralitas yang berperadaban.

– Pemeliharaan

Keseimbangan alam dan ekosistem yang Allah cipakan bukan sia sia. karena itu, khalifah juga berfungsi untuk menjaga dan memelihara keseimbangan itu secara materi dan ruhani. Kesadaran untuk memelihara keseimbangan ini dilakukan dengan pendekatan targhib dan tarhib. targhib berupa pahala dan balasan yang diberikan kepada yang taat. Tarhib berupa ancaman dan hukuman yang diberikan kepada yang melanggar.

– Perlindungan

Khalifah berfungsi untuk melindungi lima pokok kehidupan yang semuanya adalah hak hak asasi manusia, yaitu : agama (aqidah), jiwa, akal, harta, dan keturunan (kehormatan). Tugas ini sangat berat dan hanya dapat dilaksanakan apabila khilafah memiliki kewibawaan untuk melakukan amar makruf dan nahi mungkar. Makruf adalah hal yang secara umum dipandang, diterima, dan diakui sebagai kebaikan. karena ia merupakan kepentingan umum maka harus diperintahkan dengan bahasa instruksi dan apabila dilanggar konsekuensinya dikenai sanksi hukum. Munkar adalah hal yang secara umum dianggap buruk dan ditolak. karena itu ia harus dicegah dengan bahasa larangan dan apabila dilanggar konsekuensinya dikenai sanksi hukum. Dengan demikian khilafah dapat menunjukkan kebenaran sebagai kebenaran dan menegakkannya di tengan kehidupan. Ia juga dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa kebatilan adalah kebatilan dan menumbangkannya bersama mereka.

Tugas-tugas ini hanya dapat ditunaikan apabila khilafah memiliki kekuatan. Karena itu menyiapkan kekuatan pun menjadi wajib hukumnya :

“Dan siapakanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambatkan untuk berperang (yang dengan itu) kalian menggetarkan musuh Allah, musuhmu, dan pihak-pihak selain mereka yang tidak kalian ketahui, sedang Allah mengetahuinya” (Al – Anfaal : 60)

Adapun anasir kekuatan islam adalah :

– kekuatan aqidah
– kekuatan akhlak
– kekuatan jamaah
– kekuatan ilmu
– kekuatan harta
– kekuatan jihad

Umat islam dengan anasir kekuatan diatas pernah mengalami kejayaannya dalam kurun waktu yang sangat panjang. Kemunduran mereka disebabkan karena mereka telah meninggalkan Islam. Keunggulan islam tertutup oleh penganutnya sendiri.

bagannya sebagai berikut :

membangun harga diri :

1. manusia -> (dimulikan, dilebihkan,diperuntukkan, dipercaya) -> kejayaan manusia

2. individu muslim -> aqidah > ibadah > takwa > kejayaan islam

3. umat islam –> iman, jujur, percaya, loyalitas, ketaatan, komitmen, pergerakan, kekuatan –> kejayaan jama’ah

nih ilmu nih

nih ada ilmu nih dari ustadz salim a fillah, tonton sampe habis jangan cuma dibaca judulnya aja, ntar pada ngetawain gw, isinya bukan cuma nikah aja kok :

kemana perginya do’a

ketika kita minta dengan sungguh sungguh kepada Allah, kemana perginya tiap tiap do’a kita? ada beberapa skenario yang saya ketahui dari Al-Qur’an dan Al-Hadits, pertama, Allah langsung mengabulkannya saat itu juga, lumayan sering ngalamin. kedua, Allah akan mengabulkannya pada waktu yang tepat, yang ini saya pernah ngalamin juga. ketiga, Allah tidak mengabulkannya, tapi mengganti dengan yang lebih baik, karena Allah tahu bahwa do’a kita tidak baik untuk kita, Allah lah yang lebih tahu apa apa yang kita butuhkan, pernah ngalamin juga. terakhir, Allah tidak mengabulkan do’a kita dan menyimpan do’a kita sebagai amalan kita untuk Allah balas di akhirat nanti, yang ini belum pernah ngalamin, soalnya belum pernah pergi ke akhirat :P. itu yang saya ketahui, see? simple dan membahagiakan sesungguhnya ajaran agama kita ini, semuanya baik untuk kita, jangan pernah lelah meminta kepada Allah 🙂

mengembangkan usaha dengan meminjam uang dari bank haram

baru aja dapat pencerahan bahwa ternyata meminjam uang dari bank untuk pengembangan usaha adalah haram, sebelumnya juga udah berpikir demikian, cuma masih agak ragu, lha gimana nggak ragu, lha wong perusahaan gedhe gedhe itu pada dapet permodalan dari bank semua kok. terus jadi inget sama “sesungguhnya yang halal sudah jelas, dan yang haram pun sudah jelas, dan diantara kedua duanya ada keragu raguan, atau syubhat, maka tinggalkanlah yang syubhat itu” minjem uang dari bank aja sudah haram, apalagi mengembangkannya.

ya sudah ya Allah, saya tidak akan meminjam uang dari bank untuk mengembangkan usaha saya, tapi kalau begitu ya Allah, please kembangkanlah usaha saya hanya dengan pertolonganmu, amin…


sponsor

twitter.com/pipinpramudia

  • Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Add to Technorati Favorites Locations of visitors to this page